Misteri | Fenomena | Supranatural

Gloomy Sunday : Lagu Menyedihkan Yang Membawa Kematian

Hasil gambar untuk gloomy sunday

Semua orang pasti pernah mendengarkan lagu sedih, yang sampai menyayat hati hingga berujung membuat menitikan air mata. Namun semua itu tidak semenyedihkan dengan lagu yang memiliki kisah suram  seperti lagu Gloomy Sunday. Lagu tersebut menjadi sangat fenomenal sekaligus menyedihkan karena menjadi sebuah inspirasi bagi para penggemar dan orang yang mendengarkannya untuk melakukan bunuh diri.


Sejarah Lagu

Hasil gambar untuk gloomy sunday

Lagu  fenomenal tersebut adalah lagu yang ditulis oleh seorang pianis dan komposer bernama Rezso Seress dari budapest Hungaria pada tahun 1933. Lagu ini menggambarkan sebuah kekecewaan atau bisa dibilang sebuah penyampaian sang penulis atas kekecawaan dan kesedihannya karena telah ditinggal pergi oleh kekasihnya yang sudah meninggal dunia. Dan ditambah dengan kesedihannya atas perang yang saat itu terjadi dijamannya. Dari dialah muncul musik yang menghipnotis orang untuk melakukan bunuh diri.

Lalu ada seorang penyair yang melengkapi dari karya Rezso Seress dengan lirik yang diciptakannya yang berjudul "Vege A Vilagnak (End Of The World)" dari orang bernama Laszlo Javor yang juga terilham dari perasaan sedih akibat kekasihnya yang meninggal karena bunuh diri.

Banyak sekali muncul kasus kasus bunuh diri yang berkaitan dengan akibat lagu tersebut. Diantaranya banyak orang-orang yang mati meninggalkan sebuah wasiat agar ketika dimakamkan dapat di iringi oleh lagu tersebut, serta yang umum terjadi banyak ditemukan potongan penggalan lirik lagu tersebut pada mayat yang ditemukan.

Selang beberapa waktu setelah lagu ini terkenal ke publik, sang penulis lagu tersebut Rezso Seress ditemukan tewas akibat melakukan bunuh diri dengan mencekik dirinya sendiri menggunakan kawat pada tahun 1968. Cerita miris Rezso Seress sebenarnya tidak langsung terjadi hanya sekali saja. Berawal dari depresi yang di alaminya ia sebelumnya sudah melakukan beberapa aksi tindakan bunuh namun selalu gagal dan berhasil diselamatkan, bahkan ia pernah sampai  dengan terjun dari atas lantai rumahnya dan puncaknya tewas dengan cara tragis mencekik dirinya sendiri.

Lagu Yang Menjadi Semakin Populer 

Hasil gambar untuk billie holiday

Pada tahun 1941 popularitas lagu Gloomy Sunday menjadi semakin terkenal setelah ada seorang penyanyi jazz perempuan legendaris bernama Billie Holiday yang mengcover dan menyanyikan kembali lagu tersebut. Atas kepopulerannya Lagu Gloomy Sunday banyak diputar diberbagai stasiun radio. Kisah kelam tentang sejarah lagu tersebut terangkat kembali kepada publik sehingga pada saat inilah lagu ini diberikan sebuah julukan yaitu "Lagu Bunuh Diri Dari Hungaria".

Kisah Unik Dari Norwegia

Hasil gambar untuk angelina jordan

Pada tahun 2014 lalu pada saat digelarnya sebuah acara pencarian bakat di Norwegia ada seorang anak perempuan berusia 7 tahun menyanyikan lagu Gloomy Sunday saat audisi di acara tersebut. Dengan penampilan yang nyentrik. Perawakan yang anggun namun tidak rapih, rambut belum disisir, memakai gaun berwarna putih serta menaiki panggung dalam kondisi tanpa mengenakan alas kaki alias nyeker.

Hasil gambar untuk angelina jordan

Anak perempuan itu menyihir juri dan para penonton yang ada disana. Lagu yang sangat terkenal membuat orang bunuh diri tersebut sangat indah dinyanyikan oleh anak perempuan itu bak layaknya diva kelas dunia yang membuat semua orang disana terenyuh.

Berkat penampilan fenomenalnya tersebut membuat dirinya lolos dari audisi ajang pencarian bakat di negaranya. Dan cerita manisnya tidak berhenti sampai disitu karena dia saat ini sudah menjadi pemenang pada acara ajang pencarian bakat yang dia ikuti dan menjadi penyanyi fenomenal berkat penampilannya dalam audisi dengan lagu Gloomy Sunday

Siapakah anak perempuan itu ? dia adalah Angelina Jordan, dan ajang pencarian bakat yang ia ikuti adalah Norway's Got Talent. Jika kalian tertarik dengan kisah uniknya bisa melihat videonya disini.

Berkaca dalam kisah Angelina Jordan nampaknya lagu Gloomy sunday tidak selalu membuat dampak yang mengerikan bagi pendengar dan penyanyinya. Dan harus tetap diabadikan karena merupakan sebuah karya seni yang fenomenal.

Bagaimana ? setelah membaca tulisan ini apakah kalian tertarik untuk belajar menyanyikan lagu Gloomy Sunday atau punya pendapat lain mengenai lagu tersebut ? yuk bagikan ketertarikan dan pendapat kalian di komentar bawah.
Tag : Fenomena
0 Komentar untuk "Gloomy Sunday : Lagu Menyedihkan Yang Membawa Kematian"

Back To Top